Pages

Sunday, February 12, 2012

Gunung Padang Cianjur | Situs Megalitikum di Indonesia

Keberadaan situs peninggalan pada zaman Megalitikum di Desa Gunung Padang, Cianjur ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1914 pada saat pemerintahan Belanda. Situs ini tergolong unik karena didominasi oleh bangunan punden berundak yang mencerminkan tradisi megalitikum. Situs Gunung Padang Cianjur ini merupakan situs megalitikum terbesar di Asia Tenggara.

Menurut cerita masyarakat sekitar, situs Gunung Padang Cianjur adalah wujud karya dari Prabu Siliwangi yang ingin membangun Istana dalam tempo semalam. Dibantu oleh pasukannya, ia berusaha mengumpulkan balok-balok batu yang hanya terdapat di daerah itu. Namun, malam rupanya lebih cepat berlalu. Di ufuk timur semburat fajar telah menggagalkan usaha kerasnya, maka derah itu kemudian ia tinggalkan. Batu-batunya ia biarkan berserakan di atas bukit yang kini dinamakan Gunung Padang. Padang artinya terang.

Bagi anda yang ingin berwisata ke situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur, disini WartaKamu memberikan rute jalan / Map menuju lokasi situs tersebut.












Sungguh menakjubkan bukan, situs peninggalan sejarah zaman Megalitikum di Gunung Padang Cianjur ini.