Pages

Sunday, July 22, 2012

Tips Cara Merawat Kuku Secara Alami

Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang kebanyakan luput dari perhatian seseorang. Meskipun demikian kuku juga menandakan identitas diri seseorang lebih lagi kepribadiannya yang tersimbol dari kondisi kuku tersebut. Secara umum memang kuku harus dijaga kebersihannya dan seminggu sekali dipotong. Namun tahukah anda bahwa ada beberapa cara untuk merawat kuku secara alami agar nampak cantik dan indah dipandang. Berikut WartaKamu sajikan beberapa tips cara merawat kuku secara alami dari berbagai sumber:

  1. Yang pertama adalah memakan makanan yang kaya akan kalsium, vitamin B serta zat besi. Mengapa? karena kuku terbuat dari keratin. Dengan mengkonsumsi zat-zat dan vitamin yang disebutkan diatas, maka tubuh anda akan banyak memproduksi zat keratin yang bermanfaat bagi kuku. Zat ini terkandung dalam makanan dan sayuran seperti seledri, kacang-kacangan dan seafood.

  2. Kemudian jagalah agar tubuh tidak kekurangan air dengan minum air putih secukupnya. Karena kalau tubuh anda dehidrasi maka akan mengakibatkan jaringan kuku mudah patah.

  3. Jika kuku anda menguning, bisa mengoleskan ramuan alami dengan resep sebagai berikut. Campurkan satu sendok teh perasan jeruk nipis dengan pasta gigi. Kemudian oleskan di kuku secara merata. Sesudah itu diamkan selama beberapa menit, sesudah kering kemudian basuh dan bersihkan dengan air hangat.

  4. Disamping kuku, kulit sekitar kuku juga harus mendapatkan perawatan agar mulus dan tidak kasar. Caranya sebagai berikut: Campurkan satu sendok teh baking soda ditambah dengan satu sendok teh garam dapur dan satu sendok teh oatmeal. Kemudian campurkan ketiga bahan tersebut menggunakan air sampai kelihatan seperti pasta. Nah, masker ini bisa dioleskan di kulit sekitar kuku baik di tangan maupun di kaki.
Itulah ke 4 tips cara merawat kuku secara alami yang mudah dan bahannya bisa didapat dari sekitar rumah anda. Jadi tidak harus repot ke salon kecantikan. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan jangan lewatkan informasi kesehatan lainnya seperti Cara Facial Wajah dan Manfaat Propolis di arsip WartaKamu.