Pages

Friday, August 10, 2012

Deteksi Dini Serangan Jantung

Deteksi Dini Serangan Jantung dengan MRI. Kali ini WartaKamu akan berbagi tips kesehatan tentang cara mendeteksi dini serangan jantung dan stroke dengan Magnetic Resonance Imaging atau terkenal dengan istilah MRI.

Penyebab Terjadinya Serangan Jantung

Serangan jantung dan stroke ternyata paling banyak dipicu oleh penggumpalan darah yang diakibatkan terlepasnya lempengan-lempengan darah yang rusak di dalam pembuluh darah. Penggumpalan yang terjadi akan menghalangi aliran darah ke jantung dan ke otak, sehingga terjadi serangan jantung dan stroke.

Di tahun 1998, para ahli berhasil melakukan penelitian tentang penggunaan MRI (Magnetic Resonance Imaging) yang dapat mendeteksi penyebaran lempengan-lempengan darah di arteri pusat. Pembuluh darah yang terdapat di daerah leher tersebut berfungsi mensuplai darah pada otak, dan pembuluh darah aorta di jantung (pembuluh darah terbesar yang menyebarkan darah dari jantung ke bagian bawah tubuh).

Penemuan tersebut jelas akan banyak membantu pencegahan terjadinya serangan jantung atau stroke yang tidak diinginkan. "Teknologi baru ini akan banyak memberi perubahan dalam penanganan pasien," ungkap Fuster. Lihat topik kesehatan lainnya, Penyakit Ginjal dan Pengobatannya di arsip WartaKamu.