Pages

Friday, August 17, 2012

Manfaat Sarapan Buah

Bila bermaksud mengikuti program sarapan buah ini, anda diharuskan mengkonsumsi hanya buah-buahan segar atau juice buah segar (bukan juice kalengan yang mengandung bahan pengawet) pada saat sarapan. Alasannya, pagi hari adalah waktunya sistem pencernaan tubuh melakukan pembuangan. Sebaiknya, tubuh betul-betul menyelesaikan tugas pembuangan dan bukannya mencerna makanan baru, apalagi jenis makanan berat.

Anda bebas makan buah apapun sebutir apel, semangkuk besar melon, semangka, pepaya, atau apapun. Banyaknya tergantung keinginan dan kebutuhan Anda. Tapi dianjurkan makan sekitar 800-1400 g buah segar. Setiap kali terasa lapar, padahal jam makan siang masih jauh, anda bisa mengudap buah kesukaan atau pisang. Pisang cukup mengenyangkan dan bertahan lebih lama dalam pencernaan. Hindari mengkonsumsi manisan buah atau buah yang di keringkan bila anda dalam program penurunan berat badan. Buah seperti ini lebih banyak mengandung gula daripada serat.

Perhatikan pula cara anda makan buah. Buah segar (bukan pisang goreng, apple pie, atau rambutan kalengan) adalah makanan terpenting bagi tubuh manusia. Buah merupakan makanan yang mengandung kadar air paling tinggi dibandingkan makanan lain. Selain itu, kebutuhan manusia akan vitamin, mineral, karbohidrat, asam amino, dan asam lemak tersedia dalam buah. 80-90% komponen dalam buah-buahan berfungsi membersihkan tubuh dari zat-zat tak berguna. Buah tidak bertahan lama dalam perut, (kecuali pisang atau manisan buah), hanya sekitar 20-30 menit, dan langsung menuju usus besar untuk disalurkan zat gizinya. Karena itu makanlah buah dengan cara eksklusif (sendirian) saat perut kosong. Jangan mengiringi buah dengan makanan lain. Jenis makanan lain akan menghalangi keampuhan khasiat buah.