Pages

Tuesday, August 28, 2012

Waktu Puasa Syawal, Tata Cara dan Syaratnya

Memasuki bulan Syawal ini sebisa mungkin umat islam melakukan Puasa sunnah yang memiliki faedah seperti puasa satu tahun yaitu puasa Syawal. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW,"Barangsiapa yg berpuasa ramadhan dan mengikutinya dg 6 hari puasa di bulan syawal, maka seakan puasa sepanjang tahun (Shahih Muslim hadits no.1164).

Lalu bagaimana waktu yang tepat untuk melaksanakan puasa Syawal ini? kita akan membahas lebih lanjut akan hal ini berikut tata cara dan syaratnya.

Waktu puasa Syawal adalah di bulan Syawal, dan bebas, boleh di awal, boleh ditengah, atau diakhir, namun Ulama ulama dan guru guru dahulu melakukannya mulai di hari 2 syawal (hari lebaran kedua). Akan tetapi, jikalau kita sungkan untuk berpuasa karena ada tamu yang datang dan jamuan dihidangkan maka boleh kita mengqodho nya di hari syawal lainnya karena memang batasan puasa nya sampai akhir syawal. Tapi boleh juga tetap dilanjutkan puasannya dengan mengatakan "Saya Puasa Syawal" untuk mendakwahkan puasa ini. Mengenai kekhawatiran rasa Riya' atau sebagainnya pasrahkan saja kepada Allah SWT.

Semoga dengan puasa Syawal ini bisa menambal kekurangan puasa yang ada di bulan Ramadhan yang lalu, dan mendapatkan pahala yang berlimpah. Amin.. sekalian WartaKamu ingin mengucapkan Minal Aidzin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin buat pengunjung setia di blog ini. Wassalam..