Pages

Thursday, August 23, 2012

Penyakit Lupus | Gejala, Pencegahan dan Pengobatan

Penyakit lupus memang memiliki banyak gejala atau bentuk. Salah satunya berupa keluhan nyeri sendi. Hal ini terjadi karena adanya antibodi yang menyerbu sendi sehingga peradangan sendi pun tak terhindar. Seperti yang disampaikan oleh Profesor dokter spesialis penyakit dalam, Zubairi Djoerban, untuk mengatasi nya, para odapus harus mengetahui bahwa sejumlah obat pereda radang sendi dapat menimbulkan efek samping. Yakni peradangan selaput lendir yang melapisi bagian dalam lambung.

Jika perut odapus mulai terasa nyeri dan kembung, artinya obat tersebut dapat menghambat produksi senyawa dan memmiliki peran proteksi selaput lendir lambung. Saat ini terjadi, obatnya dapat diganti. Menurut Zubairi, odapus dapat menukarnya dengan obat yang tidak merangsang lambung, seperti parasetamol. Apabila parasetamol kurang membantu, ganti dengan tramadol. Yang terpenting jangan biarkan nyeri lambung tersebut menghentikan pengobatan utama untuk lupus-nya, yakni prednison.

Selanjutnya, para odapus diharuskan menolak makanan yang merangsang lambung seperti makanan pedas dan asam. Mereka juga harus menghindari sayuran mentah, lalap dan asinan. Untuk menunjang keseimbangan vitamin dalam tubuh maka sarapan buah-buahan di pagi hari sebelum makan siang juga sangant bagus. Saran Zubairi, makananlah sayur yang dimasak atau direbus. Dengan begitu lupusnya terkontrol dan nyeri sendi teratasi.