Pages

Sunday, June 10, 2012

Gerhana Bulan Memicu Gempa

Pada bulan Juni di tahun 2012 ini, banyak sekali fenomena astrologi yang salah satunya adalah peristiwa gerhana Bulan sebagian atau parsial. Apa itu Gerhana Bulan parsial, dan bagaimana proses terjadinya? oke, mari kita simak ulasan singkat berikut.

Menurut Wikipedia, Gerhana Bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar Matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi.

Pada Gerhana bulan sebagian, tidak seluruh permukaan bulan tertutup oleh bayangan bumi, sehingga sinar matahari masih bisa masuk di sebagian permukaan bulan. Sehingga tampak seperti bulan sabit.

Pada hari senin tanggal 4 Juni kemarin, di Indonesia ada fenomena gerhana bulan sebagian tepatnya pada pukul 6 petang. Gerhana bulan sebagian ini dapat disaksikan secara lansung tanpa menggunakan alat. Tapi anehnya, setelah gerhana bulan parsial itu berlangsung ada kabar bahwa di Sukabumi terjadi gempa. Hal ini bisa saja terjadi karena memang akan muncul efek pasang maksimum setelah gerhana bulan, yaitu tepatnya di bagian selatan Jawa. Sehingga akan memicu lempeng Eurasia mengendur, sehingga lempeng Indo-australia bisa menyusup ke bawahnya dan energi yang dilepaskannya dirasakan sebagai gempa.

Itulah info terjadinya gerhana bulan sebagian yang memicu gempa di wilayah Jawa, khususnya di Sukabumi. Bagi orang muslim jangan lupa untuk sholat Khusuf jika terjadi fenomena gerhana. Oke, simak berita dan pengetahuan lainnya seperti, Badai Matahari 2012 dan Ramalan NASA di arsip WartaKamu.